• Home
  • Ragam Warta
  • Wednesday, May 27, 2015



    AC MOBIL ANGINNYA KECIL DAN BERBAU TAK SEDAP, INI DIA TRIK MERAWATNYA.

    Angin AC (AIR CONDITIONER)  mobil anda sangat pelan? Sehingga tingkat kedinginan tidak merata dalam ruangan mobil, pasti yang anda lakukan adalah membesarkankan volume panel AC, sehingga dalam ruangan mobil agak berisik berbunyi desisan angin.. bahkan terkadang angin ACnya mengeluarkan bau tidak sedap?

    Bisa jadi karena anda malas ke bengkel AC, yang mungkin anda mempunyai pengalaman yang buruk terhadap tehinisi tehnisinya , harus inilah, harus itulah, kurang freonlah, banyak alasan tukang AC agar anda memakai jasa dia, atau membeli barang barangnya. Tehnisi tehnisi nakalan itu suka menakut nakuti customernya tujuannya agar barangnya laku, padahal belum tentu komponen AC di mobil yang anda miliki itu rusak. 

    Bengkel sepert ini sebaiknya harus di hindari, karena biasanya modus, bilang saja dari awal dan pastikan ada apa dengan AC nya dan anda harus bilang juga berapa harga servisenya dan sparepart yang diganti. Jadi sebaiknya anda bertanya dulu, Kalau dia sudah menyebutkan angka jutaan, sebaiknya anda tinggal dengan alasan berbagai macamlah...karena bengkel seperti ini yang bikin kantong terkuras, ya seperti pepatah ''mereka puas kita melas'' hehehehe.

    Namun tidak sedikit pula bengkel Ac yang jujur berkata apa adanya, biasanya ciri ciri AC yang memang rusak itu setelah di cek mereka akan bilang, ''oo ini Cuma ganti ini aja kok'', ''ooo ini Cuma ganti filtel aja kok'' untuk pengecekan  biasanya kita disuruh menghidupkan mesin, mekaniknya membuka kap mobil sambil menderarkan suara kompesor mesin AC dan meraba blower ACyang ada dalam mobil, beda dengan yang bengkel nakalan tadi, biasanya dia sudah membawa perlatan dan main bongkar saja...

    Menurut saya, sangat simple bila AC mobil sudah mulai tidak beres, simak berikut ini: 

    1. bisa di dengar dari suaranya. Kalau suara berisik terdengar dari dalam ruangan mobil bisa jadi itu kompresornya, kalau sudah bermasalah di kompresor sebaaiknya anda cek ke bengkel yang terpercaya karena memang harus ditangani oleh ahlinya.

    2.Tingkat kedinginan.  Kalau tingkat dinginya kurang  bisa jadi Freonnya harus ditambah dan selang selang Acnya perlu di cek, cara mengeceknya pertama hidupkan mesin mobil dan panel Acnya, selanjutnya selang selang AC  diberi busa sabun, kalau memang  ada yang melembung busanya  itu berarti ada kebocoran di selangnya, sebaiknya anda harus mengganti dengan yang baru beserta freonnya harus di isi ulang.

    3. Bila anginnya kurang kencang bisa jadi saluran angin yang letaknya dibawah kabin itu kotor, sebaiknya dibersihkan, namun bila mobil ac anda menggunakan filter kabin,  anda hanya cukup menggati filternya saja, mudah caranya anda sendiri cukup membeli filternya dan pasang sendiri.

    Namun yang perlu anda ketahui, AC dalam mobil ada dua jenis yaitu pertama menggunakan filter kabin yang, kedua tidak menggunakan filter kabin. Penggunaan filter kabin berfungsi untuk menyaring kotoran dari luar, hanya saja anginnya tidak terlalu kencang tidak seperti yang tidak memakai kabin filter, untuk  kesehatan mobil tentu saja yang menggunakan filter kabin yang lebih aman karena tadi itu, kotoran tersaring di filter kabinnya.

    Mengenai perawatan mobil yang tidak menggunakan filter, harganya ya lumayan karena harus dibongkar keseluruhan Dasbor  yang didalam, biaya jasa membersihkannya saja berkisar antara Rp700.000,- s/d Rp 1.000.000,- tergantung tingkat kesulitan, didalam kabin itu ada selang/saluran yang bernama evaporator.

    Bila mobil anda menggunakan filter AC kabin, nah anda bisa bernafas lega karena filter ini harganya sangat murah, harga filter dan pasangnya berkisar Rp. 100.000,- ya kalau anda pasang sendiri, anda beli filternya saja harganya mungkin berkisar 50.000,-an.   

    kabin mobil
    Lantas bagaimana cara membedakan mobil yang menggunakan filter AC dan yang tidak, gampang anda tingal membuka kabin yang berada disebelah kiri stir mobil atau didepan jok sebelah kiri, setelah itu perhatikan kalau ada barang yang berwarna putih tulang (itu dudukannya filter) ukuran bentuknya seperti Caset Video lama. Perlu anda ketahui, fiter itu tidak bisa dibersihkan, karena kotorannya sudah lengket kalaupun anda coba coba membersihkan, filter tersebut akan rusak karena memang terbuat dari kasa yang sangat halus. 

    Bagaimana cara membongkarnya, buka kabinnya setelah itu bongkar, karena disisi kanan kiri ada pengunci yang warnanya sama dengan warna kabin, caranya sebagai berikut :

    pengunci kabin dalam
    a.     -  yang pertama buka kabinnnya, perhatikan sisi kanan dan kirinya, disitu akan terlihat pengunci kabin, untuk membukanya,  congkel sedikit dengan obeng kalau sudah terlepas tapi belum terbuka putar kekanan sedikit saja nanti akan terbuka dengan sendirinya, karena penguncinya itu berupa putaran gigi.

    pengunci kabin
    b.     - Kalau kabin anda tidak ingin tergores anda bisa mekakukan dengan cara yang kedua yaitu perhatikan sisi luar kabinnya, penguncinya itu pencet dengan kedua jari anda dan dorong kedalam kalau sudah masuk kedalam anda tinggal memutar sedikit kekanan.

    Silahkan anda mecoba sendiri, semoga bermanfaat.

    Tagged:

    1 comment:

    1. Thank you for share tips on how to fix car's air conditioner problems. car's AC is one very useful equipment, to maintain comfort while driving,

      ReplyDelete